• Dragon Ball

    Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda jenius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

  • My Poto

    Disini, aku upload semua poto-poto dari bermacam kegiatan, mulai dari my journal life sampe aktivitas formalku. bagi loe-loe smua yang sempat mampir di my blog, pliiiss... . ?

  • PP. Syaikhona Kholil II

    PP. Syaikhona Kholil II adalah salah satu pesantren terbesar di madura, pesantren ini didirikan oleh KH. Moh. Kholil AG, beliu cucu dari guru besar SYAIKHONA KHOLIL atau lebih dikenal dengan panggilan MBAH HOLIL “PP Syaikhona Kholil II” ditempat ini berbagai ilmu diajarkan, baik ilmu agama, umum, hingga ilmu tata krama.

  • mig33 channel

    mig33 dirilis pada bulan Desember 2005 sebagai komunitas Internet mobile pertama dan telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat

Sejarah terbentuknya Santros (Santri Of Syaikhona Kholil II)

Santros


           Ini sebuah istilah sedikit nyeleneh yang dideklarasikan oleh sekumpulan Santri Syaikhona Kholil 2.
secara etimologi, istilah Santros berasal dari bahasa madura yang artinya 

Santri Rosak (red. santri nakal). namun lepas dari sentilan nyeleh tersebut arti dari Santros adalah "Santri of Syaikhona Kholil II" yang diproklamirkan oleh santri senior yaitu Ustd Tohir atau lebih akrap disapa bang Tohir sekitar tahun 2009-an.


           Bermula ketika semua santri sedang libur kegiatan pondok, libur sekolah, libur semua aktivitas
pesantren. mereka berkumpul sambil berharap datang kiriman / kunjungan dari orang tua masing-masing dengan membawa makanan, jajanan, dan tentunya uang buat bekal selama di pesantren. namun harapan mereka untuk segera dikunjungi belum tiba saatnya, sehingga mereka berkumpul dan berbaur jadi satu antara santri dan ustadz. sudah tidak ada batasan jabatan ataupun profesi disini semua sama. ditunggu masih lama kiriman dari orang tua masing-masing, lantas mereka tidak hanya menunggu terpaku dalam kejenuhan, melainkan bercanda, tertawa, hingga hampir melampui batas seorang santri. maka keluarlah kata santros dari mulutnya bang tohir sebagai kata olokan untuk melarang santri-santri agar tidak terlalu nakal. maka sejak itu istilah santros mulai familiar dan identik dengan santri syaikhona kholil 2. 



            Awalnya santri mengangap santros itu adalah santri yang nakal karena memang pas dengan kototasi bahasa madura. namun lepas dari itu, istilah santros adalah gagasan untuk menjadi media atau penyatu antara santri dan alumni santri syaikhona kholil 2. karena selama ini tidak ada suatu himpunan atau perkumpulan sebagai media pemersatu antara santri dan alumni untuk tetap berkomunikasi dengan pesantren.


           Seiring dengan bertambahnya santri di ponpes syaikhona kholil 2, terhubungnya komunikasi
dengan alumni-alumni yang terdahulu. maka berlahan mulai terjaring komunikasi antara santri, alumni, dan pesantren yang dipelopori oleh santros.


           Sekarang santros sudah mempunyai ruang untuk berbagi, ada yang di pesantren, santros juga
memamfaatkan media internet untuk lebih efektif dalam memberi informasi tentang pesantren yaitu melalui jejaring sosial facebook.com yang bernaung di "keluarga besar santros", "forum diskusi santri syakhona kholil". suatu saat akan diresmikan santros kedalam badan atau lembaga yang akan menjadi mediator dan penyalur informasi untuk santri, alumni dan masyarakat umum. sekian sekilas terbentuknya santros.


ari cenna santros

0 komentar:

Posting Komentar